KISTA SAAT HAMIL BERBAHAYAKAH

Kemunculan kista saat hamil memang dapat membuat ibu hamil menjadi khawatir. Terlebih jika ini merupakan kehamilan pertama dan kista terdeteksi di trimester awal kehamilan. Agar Anda dapat memahami lebih jauh tentang kista saat hamil dan pengaruhnya terhadap kehamilan, simak penjelasan berikut ini.

Pengaruh Kista pada Kehamilan

Setelah mendeteksi adanya kista di ovarium ibu hamil, biasanya dokter akan memantau terlebih dahulu perkembangan kista tersebut untuk menentukan tindakan yang diperlukan. Alasannya, kista saat hamil belum tentu menyebabkan masalah selama kehamilan.
Jika ukuran kista pada ibu hamil kecil dan tidak berbahaya, dokter hanya akan menganjurkan pemeriksaan rutin dan USG ke dokter kandungan. Hal ini dilakukan untuk memantau perkembangan kista, apakah sudah mengecil, hilang seluruhnya, atau justru membesar.

Selain mengecil lalu menghilang dengan sendirinya, kista di ovarium juga dapat hilang akibat pecah. Biasanya pecahnya kista yang berukuran kecil tidak akan menunjukkan gejala atau tanda apa pun pada ibu hamil. Namun, jika kista yang pecah berukuran besar (di atas 5 sentimeter), ibu hamil akan merasakan nyeri yang cukup parah.
Pada beberapa kasus, pecahnya kista dapat menyebabkan perdarahan di dalam perut yang berpotensi mengganggu kehamilan. Sedangkan kista sendiri umumnya tidak memengaruhi kehamilan maupun janin. Meski demikian, Anda harus tetap rutin memeriksakan diri ke dokter apabila ditemukan kista saat hamil.

Penanganan Kista saat Hamil

Pengobatan kista saat hamil akan disesuaikan dengan penyebab, ukuran dan penampakan kista pada pemeriksaan USG, serta usia ibu hamil. Terdapat dua metode penanganan kista saat hamil, yaitu:

Pemantauan rutin

Pemantauan rutin biasa dilakukan jika ada kista tanpa gejala yang terdeteksi. Kista ini tidak membutuhkan penanganan khusus dan dapat hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia kehamilan. Untuk memastikannya, Anda dapat menjalani pemeriksaan USG secara rutin.

Prosedur operasi

Jika kista berukuran besar dan berpotensi menghalangi jalan lahir bayi pada saat persalinan, dokter spesialis kandungan dapat melakukan operasi pengangkatan kista. Operasi pengangkatan kista akan dilakukan ketika usia kehamilan sudah mencapai 16 atau 17 minggu. Meski begitu, operasi ini harus dilakukan dengan hati-hati karena berisiko mengganggu kehamilan dan janin.

Kista saat hamil cenderung jinak dan akan hilang seiring bertambahnya usia kehamilan. Meski demikian, Anda tetap perlu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter untuk memantau pertumbuhan kista, terutama jika kista menimbulkan keluhan.
Yuk ajak keluarga untuk konsumsi Vitanosteen 2-3 kali sehari untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

💜 Vitanosteen, Solusi Sehat Keluarga Indonesia 💜
.
Kunjungi media sosial kami :
website :https://bit.ly/2XLMiTU
ig : https://bit.ly/2PwrL2t
forum diskusi : https://bit.ly/2FsDD0Q
fanpage : https://bit.ly/2GHpmiP
youtube : https://bit.ly/2L4E9bH
.
#testimonivitanosteen
#testimonivitanosteennasa
#manfaatvitanosteen
#halalMUI
#vitanosteenhalal
#vitanosteenhalalnasa
#produknasahalal
#halalsejakawal
#produkhalalnasa
#vitanosteen
#vitanosteennasa

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *