Inilah 6 Manfaat Kulit Manggis dan Cara Mengonsumsinya

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan sangat beragam, mulai dari mengurangi peradangan hingga mengencangkan kulit. Ini karena ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam kulit manggis, termasuk antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, karena dalam kulit buah ini terdapat kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin C, magnesium, dan serat. Selain itu, kulit manggis juga memuat antioksidan, seperti xanthone yang memiliki efek antibakteri, antiradang, dan antijamur.

Berikut adalah beberapa manfaat kulit manggis untuk kesehatan yang bisa didapat:

1. Mengurangi peradangan
Kandungan xanthone dan vitamin C pada kulit manggis dipercaya dapat mengatasi peradangan yang disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti radang sendi atau penyakit autoimun.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas kulit manggis dalam mengurangi peradangan pada tubuh.

2. Menurunkan kadar kolesterol
Beberapa penelitan di hewan coba menunjukkan adanya efek ekstrak kulit manggis dalam menurunkan kolesterol. Hal ini diketahui berkaitan dengan kandungan antioksidan dan xanthone di dalam ekstrak kulit manggis yang punya efek sebagai antiperadangan.

Selain itu, ekstrak kulit manggis juga mengandung serat yang baik untuk membantu mengendalikan kadar lemak darah. Penurunan kadar kolesterol berkaitan dengan penurunan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke di kemudian hari.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Kandungan xanthone pada kulit manggis dipercaya dapat menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker, misalnya kanker payudara dan kanker paru-paru.

Selain itu, sebuah studi juga menyebutkan bahwa efek antikanker pada kulit manggis dapat menghambat perkembangan kanker usus besar. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas kulit manggis dalam mengatasi kanker.

4. Mengontrol gula darah
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Manfaat kulit manggis ini bisa didapat berkat kandungan xanthone di dalamnya.

Hal ini membuat kulit manggis kerap dijadikan sebagai salah satu obat herbal yang memiliki potensi untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter lebih dulu bila ingin menggunakan kulit manggis sebagai pengobatan diabetes.

5. Memperkuat daya tahan tubuh
Sebuah studi menyebutkan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak kulit manggis dapat menurunkan gejala peradangan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya.

6. Mengencangkan kulit
Anda bisa menggunakan skincare dengan kandungan ekstrak kulit manggis untuk memiliki kulit yang kencang dan awet muda. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit manggis bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit dengan baik.

Manfaat kulit manggis untuk kulit ini mungkin dapat diperoleh berkat kandungan antiradang dan antioksidan di dalamnya, yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Cara Mendapatkan Manfaat Kulit Manggis
Seperti yang telah diungkap sebelumnya, manfaat kulit manggis bisa diperoleh dengan cara menjadikannya sebagai teh herbal. Cara membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan bahan dan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Bahan-bahan :
1 genggam kulit manggis kering
1 kantong teh celup
1 batang serai
1,5 liter air
2 sendok makan gula pasir
Jahe secukupnya

Cara mengolah :
Cuci kulit manggis, jahe yang sudah dikupas kulitnya, dan serai hingga bersih.
Rebus semua bahan-bahan tersebut dan tambahkan 1 kantong teh celup.
Tunggu sampai mendidih dan air berkurang.
Saring dan tuang ke dalam gelas.
Tambahkan sedikit gula dan sajikan.
Selain bisa dijadikan teh herbal, ekstrak kulit manggis juga kerap ditemukan dalam suplemen dan produk perawatan kulit, seperti masker. Bila Anda ingin merasakan manfaat kulit manggis melalui suplemen, konsumsilah sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan supaya keamanannya tetap terjaga.